Select Menu

Headline

Politik

Metro

Hukrim

Peristiwa

Video

Religi

» » » » Maccera Tasik, Wali Kota Palopo Ingin Warga Lebih Bersatu

Maccera Tasik, Wali Kota Palopo Ingin Warga Lebih Bersatu
PALOPO, TEKAPE.co - Pemerintah kota palopo bersama masyarakat nelayan menggelar ritual adat 'maccera tasi' di tempat pelelangan ikan (TPI) kota palopo, Senin 10 April 2017, dimana esensi dari kegiatan (maccera tasi') tersebut adalah wujud syukur atas peningkatan perekonomian nelayan.

Ketua Panitia Kegiatan, Moh Hatta Toparakassi, SH, MH, dalam laporannya menyampaikan bahwa syukuran pesta laut atau biasa disebut dalam bahasa masyarkat nelayan, maccera tasi’ adalah salah satu bagian elemen budaya peninggalan para leluhur yang menggambarkan keterkaitan hubungan baik antara umat manusia dengan yang maha pencipta maupun dengan seluruh mahluk hidup yang ada di alam.

Wali Kota Palopo, H Muhammad Judas Amir, kesempatan itu menyampaikan pentingnya kegiatan tersebut, karena pada acara itu diimplementasikan salah satu peraturan perundang-undangan, yakni bagaimana agar kita mengembangkan kebudayaan.

"Salah satu yang akan dicapai setelah berakhirnya kegiatan ini adalah bertambahnya persatuan diantara kita, satu dengan yang lain," ungkap wali kota.

Pada kesempatan itu juga, wali kota menyampaikan harapannya agar acara maccera tasi' tersebut menjadi agenda wisata, dan terkait itu, dirinya meminta agar dibuatkan regulasi khusus, baik petunjuk teknis dan waktu pelaksanaannya untuk kemudian disampaikan secara luas kepada masyarakat umum.

Pada pesta laut (maccera tasi') dan festival Tanjung ringgit itu, digelar juga berbagai lomba, yakni, lomba perahu hias, lomba rakki, lomba tangkap bebek, lomba bala-bala, lomba perahu dayung, lomba perahu jalloro, lomba panjat pinang di laut, lomba menyulam pukat, lomba memasukkan benang ke dalam sojo atau jarum, dan ada juga lomba menyambung tali.

Hadir juga pada kesempatan itu, Datu Luwu, Andi Maradang Mackulau Opu To Bau, bersama perangkat kedatuan, kepala Dinas kebudayaan dan kepariwisataan Provinsi Sulsel HA Musyafar Syah, Kepala unit kerja camat dan lurah lingkup pemkot palopo, serta masyarakat nelayan dan undangan lainnya. (hms)

Diposting Oleh Tekape

TEKAPE.CO adalah portal berita atau media online yang berpusat di Kota Palopo. Media ini didirikan untuk menjawab kebutuhan akan informasi yang cepat dan akurat.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post
Comments
0 Comments

No comments:

Komentar Anda

Tinggalkan komentar untuk berita ini

Terbaru

Recent Posts Widget