Select Menu

Headline

Politik

Metro

Hukrim

Peristiwa

Video

Religi

» » » » Dipisah dari Pemangku Adat, Perahu Muspida Palopo Hanya Dihias Seadanya di Acara Maccera Tasik

Dipisah dari Pemangku Adat, Perahu Muspida Hanya Dihias Seadanya di Acara Maccera Tasik
Perahu yang ditumpangi wali kota Palopo. 
PALOPO, TEKAPE.co - Masyarakat Kota Palopo menggelar pesta laut 'Maccera Tasik' di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kota Palopo, Sulsel, Senin 10 April 2017.

Dalam acara yang dihadiri pada pemangku adat dan unsur pemerintah tersebut, digelar lomba perahu hias dan ritual maccera tasik di tengah laut.

Ada dua pincara, atau perahu yang digabung lebih dari satu, yang disiapkan untuk ditumpangi rombongan pemangku adat dan unsur muspida. Namun pincara rombongan kedatuan dengan rombongan muspida Palopo, tampak jauh beda.

Pincara atau perahu rombongan pemangku adat, dihias dan dipenuhi makanan untuk ritual di tenngah laut. Dalam perahu tersebut, ada Datu Luwu H Maradang Mackulau, para pemangku adat, dan Ketua DPRD Palopo Harisal A Latief.

Sementara perahu muspida, hanya dihias seadanya. Hanya ada kursi plastik dan satu karpet biru. Dalam perahu tersebut ada Wali Kota Palopo H Muhammad Judas Amir, Kapolres Palopo AKBP Dudung Adijono, dan Sekkot Palopo H Jamaluddin Nuhung, serta ketua TP PKK Palopo Hj dr Utiasari Judas.

Perahu yang ditumpangi wali kota ini tidak sampai ke titik acara di tengah laut. Hanya setengah perjalanan, wali kota memerintahkan untuk balik arah dan pulang, dengan alasan ada acara yang harus diikuti.

Kadis Pariwisata Kota Palopo, Andi Nagauleng, yang dikonfirmasi, menyebutkan, perahu muspida dan pemangku adat dipisah. Hanya saja, ia mengaku telah meminta panitia untuk menghias sebagus mungkin  kedua perahu pincara itu. (del)
Dipisah dari Pemangku Adat, Perahu Muspida Hanya Dihias Seadanya di Acara Maccera Tasik
Perahu para pemangku adat. 

Diposting Oleh Tekape

TEKAPE.CO adalah portal berita atau media online yang berpusat di Kota Palopo. Media ini didirikan untuk menjawab kebutuhan akan informasi yang cepat dan akurat.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post
Comments
0 Comments

No comments:

Komentar Anda

Tinggalkan komentar untuk berita ini

Terbaru

Recent Posts Widget