Select Menu

Headline

Politik

Metro

Hukrim

Peristiwa

Video

Religi

» » » Nelayan di Luwu Diberi Pemahaman Soal Program Pemkab

Nelayan di Luwu Diberi Pemahaman Soal Program Pemkab
Sosialisasi program Dinas Kelautan dan Perikanan Luwu. 
LUWU, TEKAPE.co - Agar masyarakat nelayan dan pembudidaya ikan di Luwu lebih paham, dan lebih mengenal program yang ada, maka Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Luwu melakukan sosialisasi.

Seperti yang dilakukan Kadis Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Luwu, Andi Fatahillah, beserta jajarannya mensosialisasikan, di Pelabuhan Ulo-Ulo, Desa Ulo-ulo Kecamatan Belopa, Kabupaten Luwu, Sulsel, Jumat 17 Maret 2017.

"Dalam agenda ini kita sosialisasikan program perikanan di masyarakat, baik itu perikanan tangkap, maupun perikanan budidaya, dan pengolahan. Kenapa ini harus dilakukan karena saya anggap penting untuk menyampaikan ke masyarakat, baik itu nelayan atau pembudidaya bahwa inilah program yang ada di perikanan," jelas Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Luwu, Andi Fatahillah.

Mantan Kadis Tarkim Luwu itu juga menyebutkan, alasan dilakukannya sosialisasi itu, karena selama ini masyarakat kurang mengetahui, seperti apa program yang ada di Dinas Perikanan dan Kelautan.

Seperti halnya beberapa waktu lalu, pelaksanaan Musrembang, baik tingkat desa dan kecamatan, masyarakat jadi bingung mau mengusulkan program apa, dan kalau mengusulkan lewat siapa. Melalui sosialisasi ini masyarakat diberikan edukasi terkait agenda dan program di dinas ini.

"Kalau mau mngusulkan sesuatu, harus berkelompok dan punya kartu nelayan. Jadi nelayan ini kita haruskan punya kartu nelayan, agar bisa kita uruskan asuransi nelayan. Untuk pengurusan kartu nelayan itu gratis," ucapnya.

Untuk target sosialisasi program perikanan ini sudah hampir selesai, karena agenda ini sudah dilakukan di beberapa wilayah di Luwu, di antaranya Desa Balambang, Desa Ulo-Ulo, dan terakhir di wilayah pesisir Pelabuhan Tadette.

Sosialisasi ini tidak hanya menyentuh nelayan di pesisir, tapi juga akan dilakukan untuk penambak ikan air tawar, karena Kabupaten Luwu juga memiliki potensi ikan air tawan yang cukup besar. Seperti di Walmas yang memiliki 6 Kecamatan, semua punya potensi untuk pengembabgan ikan air tawar.

"Harapan kita melalui kegiatan ini, masyarakat nelayan tidak bingung lagi terkait program perikanan. Sehingga masyarakat bisa tau kalau kegiatan masyarakat bisa tau harus lakukan ini atau minta bantuan ini, kemudian masyarakat juga tau kalau lakukan hal ini ada larangan, jadi masyarakat lebih paham sehingga aktif dalam mengelola seumber daya alam laut ini untuk meningkatkan hasil tangkap dan perekonomian masyarakat itu sendiri," ucap Andi Fatahillah. (ilham)

Diposting Oleh Tekape

TEKAPE.CO adalah portal berita atau media online yang berpusat di Kota Palopo. Media ini didirikan untuk menjawab kebutuhan akan informasi yang cepat dan akurat.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post
Comments
0 Comments

No comments:

Komentar Anda

Tinggalkan komentar untuk berita ini

Terbaru

Recent Posts Widget