Select Menu

Headline

Politik

Metro

Hukrim

Peristiwa

Video

Religi

» » » Tingkatkan Kualitas Pelayanan, Disdukcapil Luwu Gelar Pelatihan SOP

Tingkatkan Kualitas Pelayanan, Disdukcapil Luwu Gelar Pelatihan SOP
Sekretaris Disdukcapil Luwu, Subhan saat mengarahkan peserta pelatihan penyusunan SOP
LUWU, TEKAPE.co -- Standard Operation Procedure (SOP) penerbitan dokumen kependudukan merupakan panduan teknis yang berisi serangkaian intruksi yang menggambarkan standar aktivitas dan proses yang berlangsung dalam penertiban dokumen kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Luwu.

Fungsi SOP untuk mendefinisikan semua konsep dan teknik penting serta persyaratan yang dibutuhkan, yang dituangkan dalam satu bentuk yang langsung dapat digunakan oleh personel petugas dalam pelaksanaan kegiatan melayani warga di Luwu.

Melihat pentingnya memahami SOP Penerbitan Dokumen Kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Luwu, menggelar pelatihan penyusunan SOP demi meningkatkan kapasitas Aparatur.

"Tujuan dari SOP ini untuk memberikan penyamaan persepsi semua personel/petugas yang terlibat serta memberi pemahaman atas setiap langkah detail kegiatan yang harus dilaksanakan sehingga mampu menjaga konsistensi pelyanan penerbitan dokumen kependudukan dengan kualitas produk yang tepat waktu dan akurat," tutur Sekretaris Disdukcapil Luwu, Subhan, Jumat 28 April 2017.

Pelatihan yang digelar selama tiga hari ini, dengan konsultan Adminduk Swandy Sihotang. Ia akan memberikan memahan secara menyeluruh kepada para apartur mengenai penyusunan SOP, demi menjamin proses pekerjaan selalu mengacu pada aturan teknis yang sudah ditetapkan.

"Dengan adanya pelatihan ini maka akan di peroleh hasil akhir dari pekerjaan menjadi sesuai dengan spesifikasi, meminimalkan terjadinya kesalahan, adanya standar waktu penyelesaian pekerjaan dan proses pekerjaan menjadi lebih efisien, serta dapat mencapai target yang di tetapkan," jelas Subhan.

Ia juga menjelaskan dengan mengipmlementasikan SOP ini djmana pelayanan dokumen jauh lebih baik dibandingkan pelayanan-pelayanan sebelumnya dan secara operasional kualitas pelayanan Administrasi kependudukan tidak lagi tergantung pada perorangan atau sekelompok orang melainkan sistem.

"Dengan penerapan SOP ini maka akan terus mendorong peebaikan baik di tingkatan Dinas, Kecamatan, sampai di tingkatan Desa atau kelurahan," jelasnya.

Kesadaran akan pentingnya penerpan SOP oleh semua petugas di Disdukcapil Luwu dapat menyatukan tim dalam mewujudkan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. (Ilham)

Diposting Oleh Unknown

TEKAPE.CO adalah portal berita atau media online yang berpusat di Kota Palopo. Media ini didirikan untuk menjawab kebutuhan akan informasi yang cepat dan akurat.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post
Comments
0 Comments

No comments:

Komentar Anda

Tinggalkan komentar untuk berita ini

Terbaru

Recent Posts Widget