Select Menu

Headline

Politik

Metro

Hukrim

Peristiwa

Video

Religi

» » » » Intip Tenun Khas Rongkong Lutra yang Dikeramatkan

Intip Tenun Khas Rongkong Lutra yang Dikeramatkan
RONGKONG, TEKAPE.co - Tanah Rongkong, punya banyak daya tarik. Selain keindahan alamnya yang memesona, kecamatan yang tertinggal di Kabupaten Luwu Utara, Sulsel, ini juga dikenal punya budaya yang unik.

Rongkong berjuluk Tana Masakke ini, punya kain tenun warisan yang dikeramatkan dan disimpan selama berabad-abad. Kain tenunan hanya dikeluarkan pada waktu-waktu khusus.

Kain tenun ini biasanya dipaka untuk menghiasi upacara adat, dikenakan pendeta dari kepercayaan kuno dan para sesepuh, atau mendandani penari-penari yang menarikan tarian sakral, serta untuk menutupi jasad orang yang dihormati.

Sakralisasi terhadap warisan budaya semacam itu, juga dapat ditemui pada tenunan asal Rongkong, yang dikenal dengan nama 'kain roto' dan tenun ikat.

Kepala Desa Limbong, Tandi Sule, Sabtu 3 Juni, menjelaskan, penenun kain Roto kini hampir punah. Bisa dihitung jari. Penenunnya kini hanya ada di Kampung Salu Rante Rongkong dan di Salu Bulo Kota Palopo.

Ia menyebut, tenun ikat terdiri beberapa jenis. Antara lain Pori Lonjong, Pori Situtu', Sora' Langi', Tali Tau Batu, Rindun Lolodan Luna.

Tenun ikat juga diproduksi dalam berbagai jenis penggunaan. Misalnya, kain kafan, seremonial, rok wanita, syal, penutup kepala untuk upacara, dan menjadi pusaka keramat.

Kain Batik Rongkong sudah menjadi batik khas Pemerintah Kabupaten Luwu. (jsm)

Diposting Oleh Tekape

TEKAPE.CO adalah portal berita atau media online yang berpusat di Kota Palopo. Media ini didirikan untuk menjawab kebutuhan akan informasi yang cepat dan akurat.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post
Comments
0 Comments

No comments:

Komentar Anda

Tinggalkan komentar untuk berita ini

Terbaru

Recent Posts Widget