Select Menu

Headline

Politik

Metro

Hukrim

Peristiwa

Video

Religi

» » » Ini Penyebab Bencana Banjir dan Longsor di Luwu

Ini Penyebab Bencana Banjir dan Longsor di Luwu
Muhammad Jihad. 
LUWU, TEKAPE.co -- Kepala Badan Penagulangan Benacana Daerah (BPBD) Kabupaten Luwu, Muhammad Jihad, mengatakan kalau bencana di Luwu tidak terlepas dari tangan jahil manusia, mungkin karena kekeliruan sehingga tidak menjaga dan melestarikan alam ini.

Dimana saat ini bisa di lihat kondisi alam Luwu saat ini dengan seksama terutama untuk kawasan pegunungan boleh dikata hampir semua gundul akibat perambahan hutan, berkebun secara tidak teratur seperti halnya bantaran sungai di jadikan kebun, sehingga terjadi penyempitan dan pendangkalan sungai.

"Di ciptakannya langit dan bumi beserta isinya kan untuk kita jaga dan peliharan, nah persoalannya sekarang, manusia menebang pohon sembarangan, berkebun tidak tertur, bahkan bibir sungan di jadikan kebun, apalgi yang berada diatas gunung, inilah akibatnya sehingga terjadi bencana, baik itu longsor atau banjir," ungkap Kepala BPBD Luwu, Muhammad Jihad.

Jihad, mengatakan hampir semua Kecamatan di Luwu memiliki titik rawan bencana, apalagi dengan melihat georafis Luwu yakni daerah pegunungan ditambah lagi dengan cuaca yang kadang tidak menentu.

Untuk mengantisipasi agar tidak lagi ada bencana di Luwu ini kedepannya, Selaku Pemerintah Kabupaten Luwu, melalui BPBD Luwu serta dinas terkait, akan melakukan pencegahan dengan cara menghimbau agar masyarakat di Kabupaten Luwu ini, tidak menebang atau merambah hutan lindung, menjaga sungai, yang harusnya di pelihara dan di jaga.

"Kita upayakan kedepannya di sepanjang bantaran sungai itu ada jarak sekitar 50 meter dari bantaran sungai yang tidak boleh dilakukan penebangan atau berkebun, dan juga menghimbau masyarakat untuk tidak melakukan penebangan atau merambah hutan lindung," ucap Jihad.

Disamping itu, upaya atau langkah pencegahan terhadap bencana di Luwu ini, akan dilakukan pengerasan tebing yang rawan longsor dan normalisasi sungai yang mengalami penyempitan dan kedangkalan. Sehingga bencana di Luwu ini tidak terjadi lagi. (ilham)

Diposting Oleh Tekape

TEKAPE.CO adalah portal berita atau media online yang berpusat di Kota Palopo. Media ini didirikan untuk menjawab kebutuhan akan informasi yang cepat dan akurat.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post
Comments
0 Comments

No comments:

Komentar Anda

Tinggalkan komentar untuk berita ini

Terbaru

Recent Posts Widget